Minggu, 29 Juli 2012

Cerita Ramadhan


Seperti biasa, penentuan 1 Ramadhan jatuh pada hari apa jadi sesuatu yang ditunggu tunggu banget sama masayarakat luas. Indonesia yang punya berbagai macam oraganisasi Islam punya cara atau anggapan yang berbeda-beda tentang penentuan 1 Ramadhan, salah satu organisasi Islam udah puasa mulai tanggal 18 Juli, ada juga yang udah menetapkan tanggal 20 Juli.
Nah, saya ikutnya Pemerintah, jadi puasanya tanggal 21 Juli yang ditetapkan pada sidang isbat tanggal 20 Juli malam.

Seperti biasa juga, masjid penuh kalo taraweh pertama hehe Alhamdulillah, doa saya sih semoga sampe terakhir taraweh tetep penuh. Walaupun pas saya dateng udah penuh, tapi saya tetep dapet shaf paling depan loh hehe, Ibu-Ibunya pada gak mau di depan, cuma sedikit yang ngisi shaf depan.

Sekarang ini udah hari ke-9 puasa, dan di malam ke-9 taraweh udah keliatan banget kemajuannya, ya, kemajuan shaf lebih tepatnya :D, positif thinking mungkin udah pada pulang kampung, karena di Jakarta kan mayoritas masyarakatnya orang yang punya kampung, yang kalo lebaran pada mudik. Saya juga pulang kampung kok, setiap hari malah hhe. Mungkin juga lagi pada ada acara buka puasa bersama, jadi sholat tarawehnya di masjid lain atau di rumah :)

Sahur. Sahur hari pertama saya bangun jam 02.30, ada remaja masjid yang bangunin pake rebana, berisiknya bukan maen, kamar saya kan di depan jadi paling kedengeran hhe tapi Alhamdulillah jadi gak kesiangan kan :)
Stasiun Televisi pada berlomba tuh bikin acara sahur semenarik mungkin, tetep tontotan saya tertambat pada sinetron yang adanya bulan puasa doang, yap, Para Pencari Tuhan, sekarang udah Jilid 6, udah 6 tahun tuh sinetron ada. Sinetron yang gak cuma lucu tapi ada ilmu agamanya, ini yang saya suka, tentang keseharian banget deh pokoknya :)
pas hari kedua sahur, saya bangun jam 03.00, alarm dan Mama yang bangunin hhe. Yang nabuh-nabuh rebana udah gak ada tuh, padahal baru hari kedua, mungkin mereka kesiangan kali ya. Alhamdulillah di hari ketiga ada lagi tapi beberapa hari gak ada lagi hehe :D

Ramadhan tahun-tahun sebelumnya, Mama dan keluarga selalu sibuk nyiapin makanan buat hari pertama puasa.

Mama : Na, kita masak apa ini buat besok?
Saya   : Masak apa sih ma?
Mama : Ya apa ngerendang, apa opor, apa beli apa gitu?
Saya   : Ngapain repot-repot sih ma, udah gak usah ribet-ribet.
Mama : Oh gitu ya, yaudah dah.

Yaa sekiranya begitu percakapan saya sama Mama pas besoknya mau puasa. Jawaban saya baru kali ini beda banget hhe, Ramadhan kemaren-kemaren itu justru saya minta beli apa gitu, bikin apa gitu hehe. Abis saya pikir ngapain juga ribet-ribet, kan hari-hari gak puasa juga makan ya makan aja hhe.
kalo bulan puasa tuh biasanya hari pertama hidangannya manteb-manteb banget, eh 5 hari terakhir Indomie jadi selera banget hehe. Tapi kalo buka puasa harus ada gorengan dan es buah, gak boleh ketinggalan.
Bulan puasa tuh biasa banget deh harga-harga pada naik, kebutuhan makin banyak, persiapan lebaran, ini, itu, dll deh. Jadi Mama pasti pusing banget, harus ngatur uang biar semuanya cukup.
Mama is the best finance manager in my life :D.

Alhamdulillah puasanya masih lancar sampe sekarang, tapi .......

to be continue

Tidak ada komentar: